BERHITUNG … MULAI!

blogger templates


Menurut Nabi, rata-rata umur umatnya sekitar 60 tahun. Waktu kita sama dalam sehari 24 jam. Cara kita menggunakan waktu inilah yang membuat kita berbeda.

Kalau dihitung, masing-masing waktu kita sama: 60 detik dalm 1 menit, 60 menit dalam 1 jam dan 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan dan seterusnya, anda hitung sendirilah waktu anda. Namun kata Imam Al Ghazali, kalu orang umurnya 60 tahun rata-rata dan menjadikan 8 jam sehari untuk tidur, maka dalam 60 tahun ia telah tidur 20 tahun. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dan itulah kebanyakan manusia. Apakah termasuk kita ? Allahu a’lam bish shawab.

 Ada tiga hal yang tak pernah kita dapatkan kembali
1.      Kata yang telah diucapkan
2.      Waktu yang telah lewat
3.      Momentum yang diabaikan


Tanda –tanda kebahagiaan dan keberuntungan hidup seorang mukmin ada lima :

Pertama, setiap ilmunya bertambah, bertambahlah tawadhu’ dan kasih sayangnya.
Kedua, setiap amalnya bertambah, bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya.
Ketiga, setiap kali umurnya bertambah, berkuranglah ketamakan dan kerakusannya.
Keempat, setiap kali  hartanya bertambah, bertambah pula kedermawanannya dan pengorbanannya.
Kelima, setiap kali kedudukannya bertambah, bertambah pula kedekatannya kepada sesama manusia, memenuhi kebutuhan mereka dan rendah hati terhadap manusia.
( al Fawaid, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

Rasulullah adalah manusia paling sibuk di dunia. Beliau adalah teladan utama dalam segala keadaan. Di antara aktifitasnya dalam mendidik ummat, Rasulullah SAW berperang sebanyak lebih dari 80 kali dalam tempo kurang dari 10 tahun. Beliau pun mampu mendidik keluarga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, mesra terhadap istrinya, santun terhadap pembantunya, penyayang terhadap fakir miskin, dan berbagai prestasi luar biasa yang harus kita teladani.

Zaid bin Tsabit ra sanggup menguasai bahasa parsi hanya dalam tempo 2 bulan.

Abu Hurairah masuk Islam usia 60 tahun, pada tahun khaibar dan selalu menyertai Rasulullah sepenuhnya. Ia meninggal di Madinah tahun 57 H. Prestasinya luar biasa, dia meriwayatkan sebanyak 5374 hadits.

Anas bin Malik Al Anshari Al Khazraji, pelayan Nabi semenjak berusia sepuluh tahun dan terus menyertai Nabi selama 20 tahun. Dia wafat dengan meninggalkan 120 anak. Dia berusia panjang lebih dari 100 tahun. Wafat di Bashrah tahun 93 H. Haditsnya yang dimuat dalam kitab-kitab hadits sebanyak 2286 hadits.

Salah seorang dari Bani Jaradah Al Ulama di Haleb yakni Abul Hasan bin Abi Jaradah (548H) menulis dengan khat-nya kitab-kitab berharga sebanyak tiga lemari. Satu lemari untuk anaknya, Abul Barakat, dan satu lemari lagi untuk anaknya Abdullah.

Adalah abu Bakar Al Anbri. Ia sakit karena seringnya membaca dan itulah yang membawanya kepada kematian. Ketika sakitnya termat kritis, datang tabib untuk memeriksa air seninya. Tabib berkata, “Tuan telah melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh siapapun, sebenarnya apa yang telah tuan lakukan?” Al Anbari pun menjawab, “Aku membaca setiap pekan sebanyak 10000 lembar.” (Efisiensi Waktu, hal.30)

Syekh Ali Ath Thanthawi membaca 100-200 halaman setiap harinya. Bila dikalkulasikan dengan umurnya tujuh puluh tahun berarti beliau telah membaca sebanyak 5.040.000 halaman buku, baik buku besar maupun buku kecil. “Artikelku yang telah dimuat di media massa lebih dari 13.000 halaman, sedangkan yang hilang sejumlah itu juga dan bahkan lebih.”

Syekh Abu Mahmud dari palestina mampu menghafalkan Al Quran dalam waktu 3 bulan padahal saat itu beliau telah berusia 37 tahun.

Imam Ibnu Jarir Ath Thabari, seperti diceritakan oleh Al Khatib Al Baghdadi, selama 40 tahun dari usianya yang terakhir, ia mampu menulis 40 halaman kitab setiap harinya.

DR. Warsito, pria usia tiga puluhan tahun, kelahiran pelosok karanganyar Jawa Tengah, menemukan dan menggagas volume thopography, foto scan 4 dimensi real time yang kini menjadi rujukan para profesor dunia yang dulu menjadi guru dan referensi ilmunya.

0 Response to "BERHITUNG … MULAI!"