AYAT-AYAT TENTANG ALLAH

blogger templates
BAB II
PEMBAHASAN
AYAT-AYAT TENTANG ALLAH
A.    Q.s Al-Hasyar: 22-24
Allah mengetahui yang ghaib dan yang nyata, miliknya segala kekuasaan sebgaimana dalam Asmaul Husna.
uqèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ( ÞOÎ=»tã É=øtóø9$# Íoy»yg¤±9$#ur ( uqèd ß`»oH÷q§9$# ÞOŠÏm§9$# ÇËËÈ   uqèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd à7Î=yJø9$# â¨rà)ø9$# ãN»n=¡¡9$# ß`ÏB÷sßJø9$# ÚÆÏJøygßJø9$# âƒÍyèø9$# â$¬6yfø9$# çŽÉi9x6tGßJø9$# 4 z`»ysö6ß «!$# $£Jtã šcqà2ÎŽô³ç ÇËÌÈ   uqèd ª!$# ß,Î=»yø9$# äÍ$t7ø9$# âÈhq|ÁßJø9$# ( ã&s! âä!$yJóF{$# 4Óo_ó¡ßsø9$# 4 ßxÎm7|¡ç ¼çms9 $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ( uqèdur âƒÍyèø9$# ÞOŠÅ3ptø:$# ÇËÍÈ  
Artinya:  Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
B.     Penjelasan
                qèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ( ÞOÎ=»tã É=øtóø9$# Íoy»yg¤±9$#ur “Dia-lah Allah yang tiada Illah (yang haq) selain Dia, Yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata.” Allah Ta’ala  memberitahukan bahwa tidak ada illah yang haq selain Dia, karena itu tidak ada Rabb melainkan hanya Dia semata, dan tidak ada sembahan bagi semesta alam kecuali Dia. Segala sembahan selain-Nya adalah bathil. Dan bahwasanya Dia Mahamengetahui segala yang ghaib dan yang tamapak. Artinya, Dia mengetahui seluruh ciptaan ini baik yang tampak oleh pandangan kita maupun yang tidak tampak. Tidak ada satupun yang tersembunyi dari-Nya baik di muka bumi ini maupun di langit, kecil maupun besar, bahkan semut kecil yang berada di kegelapan sekali pun.
            Dan firman-Nya qèd ß`»oH÷q§9$# ÞOŠÏm§9$#Dia-lah yang Mahapemurah lagi Mahapenyayang.” Dia adalah Rabb yang mempunyai sifat Rahmat yang sangat luas dan mencakupn seluruh makhluk. Jadi, Dia adalah yang  Mahapemurah di dunia dan di akhirat, juga Mahapenyayang di kedua alam tersebut.
            Kemudian firman-Nya qèd ª!$# Ï%©!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd à7Î=yJø9$#Dia-lah Allah yang tidak illah (yang haq) selain Dia ,Raja.”Yakni, yang menguasai segala sesuatu, mengendalikan semuanya tanpa ada rintangan dan halangan. Dan firman-Nya  â¨rà)ø9$# “Yang Mahasuci,” Wahb bin Munabbih mengatakan:” yakni ath-Thaahir (Yang Mahabersih). ãN»n=¡¡9$#Yang Mahabijaksana,” yakni, selamat dari segala macam aib dan kekurangan, karena kesempurnaan-Nya dalam dzat, sifat dan perbuatan-Nya.
Dan firman-Nya  ß`ÏB÷sßJø9$#Yang mengaruniakan keamanan.” Adh-Dhahhak menuturkan dari Ibnu ‘Abbas, ia mengatakan:” Yakni, memberikan rasa aman kepada makhluk-Nya dan Dia tidak menzhalimi mereka.
Firman-Nya lebih lanjut: ÚÆÏJøygßJø9$#  “Yang Mahamemelihara.” Ibnu ‘Abbas dan beberapa ulama mengatakan “  Al-Muhaimin, yakni yang memantau seluruh amal perbuatan makhluk-Nya. Artinya, Dia mengawasai mereka.
Firman-Nya ƒÍyèø9$# “Yang Mahaperkasa.” Yakni, atas segala sesuatu dengan menguasai dan menundukkannya. Karenanya, Dia tidak dapat dicapai oleh siapapun karena keperkasaan, keagungan, dan kebesaran-Nya. Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman:  â ŽÉi9x6tGßJø9$# $¬6yfø9$#  “Yang Mahakuasa Yang memiliki segala keagungan.” Yakni, tidak patut kebesaran itu kecuali bagi-Nya, dan tidak ada keagungan kecuali karena keagungan-Nya.
 Selain itu, Allah Swt berfirman  z`»ysö6ß «!$# $£Jtã šcqà2ÎŽô³ç  “Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”
Firman Allah selanjutnya: qèd ª!$# ß,Î=»yø9$# äÍ$t7ø9$# âÈhq|ÁßJø9$# “Dia-lah Allah, Yang menciptakan, Yang mengadakan, Yang membentuk rupa,”al-Khalaq bearti menetapkan. Sedangkan al-Bar-u bearti melaksanakan dan melahirkan apa yang telah ditetapkan ke alam wujud. Dan setiap yang menetapkan dan menyusunya mampu untuk melaksanakan dan mewujudkannya kecuali Allah Swt.
Dan firman Allah selanjutnya: &s! âä!$yJóF{$# 4Óo_ó¡ßsø9$#Yang mempunyai nama-nama yang paling baik.” Seperti sabda Rasulullah Saw “ Sesungguhnya Allah Ta’ala mempunyai Sembilan puluh Sembilan nama, seratus kurang satu. Barangsiapa dapat menghitungnya (menghafal dan mengamalkannya), maka ia akan masuk surga. Dan Allah itu ganjil, menyukai yang ganjil.”
 Dan firman Allah ta’ala ßxÎm7|¡ç ¼çms9 $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#urBertasbih kepada-Nya apa yang ada dilangit dan di bumi.”
uDan firman-Nya qèdur âƒÍyèø9$#  “Dan Dia-lah Yang Mahaperkasa.” Artinya, tidak ada yang dapat melawan dan mengalahkan-Nya.  ÞOŠÅ3ptø:$#Lagi Mahabijaksana.”Yakni, dalam syari’at dan ketetapan-Nya.[1]






  











[1] ‘Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir Ibnu Katsir, Kairo: Mu-assasah Daar al-Hilaal, 2006, hlm. 126-130.

0 Response to "AYAT-AYAT TENTANG ALLAH"