MESJID AL-JIHAD JEULINGKE Oleh: Masthura Novita Rahmi, Siti Zainatul Uswah, Siti Hajar, Hasnawati

blogger templates

            Mesjid Al-Jihad beralamat di jalan Cendana IV Gampoeng Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh (di belakang kantor Dinas Syari’at Islam). Mesjid ini berbentuk segi enam yang terdiri atas 2 (dua) lantai. Pada lantai pertama (bawah) mesjid, memiliki 3 (tiga) pintu masuk yang terletak dibagian depan, kanan, dan kiri mesjid. Mesjid ini juga memiliki 24 (dua puluh empat) buah jendela, yang setiap jendela bertuliskan kalimat dan  محمد. Pada lantai pertama ini juga tempat terletaknya sebuah mimbar yang biasanya digunakan oleh khatib untuk berkhutbah (berdakwah). Mimbar yang digunakan tersebut berukiran kayu. Pada bagian depan mimbar bertuliska kalimat syahadat   اشهد ان لااله الأا لله   واشهدان محمد رسول الله  sedangkan pada bagian kanan dan kiri mimbar bertuliskan kalimat dan محمد sedangkan pada bagian belakangnya bertuliskan الله اكبر. Pada sudut-sudut bagian atas dalam mimbar betuliskan nama para sahabat Nabi yang terkenal dengan Khulafaur Rasyidin, dan bagian sisi-sisi  atas luar mimbar bertuliskan dan  محمد.
Pada dinding mesjid ini belum terlihat adanya ukiran khat (kaligrafi) sebagaimana yang terdapat pada mesjid-mesjid umumnya, hal ini mungkin dikarenakan mesjid masih dalam tahap renovasi. Selain itu mesjid ini juga dibangun atas 18 (delapan belas) tiang, dimana pada sejumlah tiang dan dinding mesjid terdapat 12 (dua belas) kipas angin yang berfungsi sebagai pendingin bagi jama’ah yang ada di dalamnya.
Di dalam mesjid ini pula terdapat 4 (empat) buah jam dinding, 2 (dua) jam dinding besar terletak di bagian sisi kanan dan kiri mesjid, sedangkan 2 (dua) lainnya terletak pada tiang mesjid.
 Susunan al-Qur’an yang ada di dalam mesjid al-Jihad ini tergolong rapi, dikarenakan al-Qur’an – al-Qur’an yang ada tersebut tersusun di atas dua rak yang berada di tiang mesjid, yang penyusunannya dilakukan dengan cara al-Qur’an yang satu terletak di atas yang lainnya, ukuran rak tersebut setinggi ½ m. Selain itu al-Quran juga terdapat dalam sebuah lemari yang berada pada bagian sebelah kiri pintu masuk depan mesjid. Berbeda dengan susunan yang dilakukan pada rak, di dalam lemari al-Qur’an disususun dengan cara berdiri, sehingga memudahkan jama’ah yang ingin mengambil bacaan mana yang mereka inginkan. Bacaan yang berada dalam lemari ini bisa diakses oleh para jama’ah dikarenakan lemari tidak terkunci.
 Jumlah al-Qur’an dan buku bacaan lainnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Rak 1 (rak yang terletak pada tiang kedua di sisi kiri mesjid)
No
Nama/ judul buku
Jumlah (satuan)
1
Al-qur’an al-Karim
4 buah
2
Tahlil
4 buah
3
Iqra’ 2
3 buah
4
Iqra’ 3
4 buah
5
Iqra’ 4
6 buah
6
Iqra’ 5
5 buah
7
Iqra’ 6
1 buah
8
Materi Hafalan dan Terjemahan
1 buah
9
Ringkasan Ihya Ulumuddin
1 buah
10
Biografi Ulama Aceh Abad 20
1 buah
11
Hidayatul Khairat
1 buah
12
Fiqh al-‘Ibadah
6 buah

Rak 2 (rak yang terletak pada tiang kedua di sisi kanan mesjid)
No
Nama/ judul buku
Jumlah (satuan)
1
Al-Qur’an al-Karim
8 buah
2
Al-Qur’an Mushaf Utsmani
2 buah
3
Fadhilah Sedekah
1 buah
4
Fadhilah Amal
1 buah
5
Tahlil
17 buah
6
Iqra’ 3
1 buah
                                                
Daftar bacaan yang terdapat di dalam lemari
No
Nama/judul buku
Jumlah (satuan)
1
Al-Qur’an al-Karim
6 buah
2
Tahlil
7 buah
3
Kitab Fardhu ‘Ain
1 buah
4
Pengantar Studi Ilmu Hadis
1 buah
5
Riyadus Shalihin
4 jilid
6
Fatwa-fatwa Kontemper
1 buah
7
Tafsir al-Misbah
1 set
8
Sistem Penulisan Arab-Melayu
1 buah
9
Tafsir Seper Sepuluh dari al-Qur’an al-Karim
1 buah
10
Hukum Pidana Islam di Prov. NAD
1 buah
11
Syari’at Islam di Prov. NAD
1 buah
12
Kebangkitan Umat Islam
1 buah
13
Buku Pegangan teungku Imeum Meunasah
1 buah

            Mesjid al-Jihad ini selain berfungsi sebagai tempat ibadah ia juga digunakan sebagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Di karenakan fungsi mesjid yang dijadikan tempat TPA, sehingga di dalam mesjid ini terdapat meja yang berjumlah 24 (dua puluh empat) yang  digunakan para santri sebagai alas untuk menulis. Meja-meja tersebut tersusun rapi disebelah kanan pintu masuk depan mesjid. 
            Sama halnya dengan lantai pertama (bawah) mesjid, pada lantai kedua (atas) mesjid juga terdapat tiga pintu masuk, yaitu yang terletak di bagian depan, kanan, dan kiri mesjid. Berbeda dengan lantai bawah yang hanya memiliki 18 tiang, pada lantai atas ini memiliki 22 (dua puluh dua) tiang. Sedangkan jendelanya berjumlah 21 (dua puluh satu) yang masing-masing jendela bertuliskan kalimat   dan محمد, kecuali hanya terdapat pada 2 jendela saja yang tidak bertuliskan kalimat tersebut, pada lantai ini pula terdapat 6 (enam) buah meja belajar santri TPA.

     
        (gambar rak 2)                             (gambar susunan meja yang berada di bawah tangga mesjid)

   
(gambar mimbar)                                             (gambar rak 1)
 


(gambar buku di dalam lemari)                                   (gambar jam di sudut mesjid)

0 Response to "MESJID AL-JIHAD JEULINGKE Oleh: Masthura Novita Rahmi, Siti Zainatul Uswah, Siti Hajar, Hasnawati"