RPP TAHFIZH

blogger templates
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDIT BLABLABLA
Kelas/semester            : I (Satu) / II
Mata Pelajaran            : Al Qur’an
Materi Pokok              : Idzhar
Alokasi Waktu            : 6 x Pertemuan
Hari/Tanggal               : Senin - Kamis / 1-9 April 2020
A.      Kompetensi Inti
1.      KI-1. Menerima, menjalankan dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      KI-2. Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluq ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistimatis dan logis d dalam karya yang estetis dalam gerak yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator
3.9
Mengetahui tanda Idzhar
3.9.1 Mengetahui tanda Idzhar
4.9
Membaca Alquran dengan tanda Idzhar
4.9.1 Membaca Alquran dengan tanda Idzhar

C.      Tujuan Pembelajaran
Tahsin
·         Melalui penjelasan guru siswa mampu membaca Al-Quran sesuai hukum bacaan Idzhar dengan baik dan benar dan penuh percaya diri.

D.      Nilai Karakter Bangsa
1.     Religius  : Beriman dan bertaqwa kepada Allah.
2.     Mandiri, disiplin dan kerja keras

E.       Materi Pembelajaran
Menurut bahasa, izhar artinya jelas atau tegas. Sementara itu, menurut  istilah ialah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf  halqi maka hukum bacaannya adalah jelas atau tegas. Izhar halqi berarti suara nun sukun atau tanwin tersebut nyata atau jelas  tanpa ada suara dengung.  Huruf-huruf izhar disebut juga huruf halqiyah karena huruf-huruf dalam  tenggorokan.
Izhar berjumlah enam huruf.
Hurufnya yaitu: (ء , ه , ح , خ , ع , غ)



F.       Pendekatan, Model dan Metode
*   Tilawah mandiri
*   Tahfizh Takriran
*   Muraja’ah klasikal/individu
*   Tahsin talaqqi
*   Ceramah

G.      Media Pembelajaran & Alat Pembelajaran
           Alat / Bahan                 : Buku Jilid 2
Sumber Belajar           : Al Qur’an 5 juz dan 30 Juz
                                                  

H.      Kegiatan Pembelajaran
         (Pertemuan ke- 46 ( 2x 35 ) (Hari Rabu, Tanggal 1 April 2020)
No
Uraian kegiatan
Alokasi Waktu
1.       
Kegitan Awal
·      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh guru dengan khusu’.

·      Guru memulai pembelajaran dengan muraja’ah surah..(disesuaikan dengan prosem/Target murajaah secara umum)
·      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru menyiapkan Ice Breaking Tepuk semangat”  untuk memotivasi anak dalam belajar
·      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
10 Menit
2.
Kegitan Inti
·         Guru menjelaskan tentang Idzhar.
Menurut bahasa, izhar artinya jelas atau tegas. Sementara itu, menurut  istilah ialah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf  halqi maka hukum bacaannya adalah jelas atau tegas. Izhar halqi berarti suara nun sukun atau tanwin tersebut nyata atau jelas  tanpa ada suara dengung.  Huruf-huruf izhar disebut juga huruf halqiyah karena huruf-huruf dalam  tenggorokan.
Izhar berjumlah enam huruf.
Hurufnya yaitu: (ء , ه , ح , خ , ع , غ)
Ø Contoh:







·         Siswa diminta memperhatikan bacaan Iqlab  pada buku Jilid 2
·        Masing-masing siswa diminta menyebutkan contoh bacaan Idgham Bighunnah pada buku Jilid 2
·        Siswa membentuk barisan ( duduk system a ba ta tsa)
·        Siswa membaca jilid 2 antri satu persatu
·        Guru menyimak bacaan anak satu persatu
·        Guru mencatat tugas anak-anak di buku mutaba’ah

50 Menit
























3.
Kegiatan Akhir
·         Guru memberi penguatan tentang materi yang sudah dipelajari
·         Setelah selesai, guru melakukan refleksi bersama siswa.
§  Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
§  Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
§  Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
Guru meminta siswa  mengulang materi Idgham Bighunnah Waw
Duniawi
·         Guru menasehati siswa agar bisa bersikap jujur dengan apa yang sudah di lakukan.

Apa yang dapat kamu lakukan agar kamu bersikap jujur?
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali jilid di rumah

Ukhrawi
·                     Guru memberi penguatan kepada peserta didik ketika membaca atau menghafal Al Qur’an memperhatikan tanda Idgham Bighunnah Waw
Apa yang dapat kamu lakukan supaya tetap memperhatikan bacaan Idgham Bighunnah Waw ketika membaca atau menghafal Al Qur’an?
Guru memberi tugas kepada siswa untuk shalat 5 waktu di rumah dan rajin dalam mengulang jilid





No
Nama
Mengulang jilid tanda Idgham Bighunnah Waw
Keterangan












.
·         Guru mengajak siswa membaca do’a kafaratul majelis dan doa khatam alquran.
·         Guru memberikan salam penutup, siswa menjawab salam dan menyalami guru.
10 Menit

I.     Penilaian
 a. Sikap Spiritual
No
Instrumen
SB
B
C
1
Adab dengan Jilid



2
Semangat membaca Jilid



3
Semangat memahami jilid




 b. Sikap Sosial
No
Instrumen
SB
B
C
1
Adab saat mengantri membaca jilid



2
Sikap dengan teman



3
Sikap saat belajar




            c. Pengetahuan
No
Instrumen
1
1. Sebutkan cara membaca Idgham Bighunnah Waw?
2. Sebutkan contoh Idgham Bighunnah Waw?




             d.Keterampilan
No
Instrumen
Baik
Sedang
Belum
1
1.      Bacalah jilid dengan tanda Idgham Bighunnah Waw dengan baik dan benar




0 Response to "RPP TAHFIZH"