Semua berKONTRIBUSI meski SECUIL

blogger templates


Semua orang di dunia ini pasti pernah dan akan terus berbuat. maka sebuah kenaifan ketika gelar TIDAK BERKONTRIBUSI (ga pernah berbuat) dengan mudah tersandangkan kepada orang lain,dan yang lebih lucu adalah gelar itu diberikan kepada rekan sesama organisasi.Bukankah semua orang yang pernah bergabung dalam organasasi pasti berkontribusi bagi organisasi/lembaganya meskipun dengan kadar yang sedikit sekali. contoh kecil dari kontribusi penghuni organisasi adalah dia telah menambah list keanggotaan, yang terkadang hal tersebut menjadi batu loncatan dalam meraih bergaining sebuah organisasi. Lantas seberapa pantas gelar TIDAK BERKONTRIBUSI dapat disematkan? . Atau landasan apa yang paling logis untuk menjelaskan proses penyematan gelar tersebut ?
 Bahkan seekor binatang pun akan mengingat sekecil apapun kontribusi dr seorang manusia. Lihatlah seekor binatang buas sekali pun ketika ada yang berKONTRIBUSI dalam hidupnya, misalnya memberikan sedikit makanan atau menolongnya dari jebakan. Hampir dapat dipastikan di masa yang datang binatang tersebut akan mengingat si penolong hidupnya. Dia tidak akan dengan mudah menerkam atau melukai si penolong tadi. Lantas bagaimana jika ada manusia yang pernah bersama lantas melupakan KONTRIBUSI  rekan sejawat yang mungkin disebabkan karena selisih paham yang sedikit sekali. Akankah si penyemat gelar tadi merebut karakter menjadi Manusia BUAS yang mengalahkan sisi kebinatangan binatang itu sendiri.
 Semoga kita mampu menjadi manusia yang utuh. Manusia yang selalu mengingat sekecil apapun KONTRIBUSI orang lain dalam kehidupan kita. Pribadi yang siap menerima kebahagiaan dan pujian, dan lebih siap menghadapi kritikan dan perbedaan pendapat dengan pihak lain. Menjadi pribadi unggul yang siap terus berkontribusi semampunya meskipun ketika sematan gelar PERUSUH dan InKONTRIBUSI pun menjadi gelar abadi kita.
Bagi kita yang telah terlanjur melabelkan orang lain dengan gelar kesarjanaan GA BERKONTRIBUSI, mari kita buka secuil catatan sejarah masa lalu. Benarkah rekan kita tak pernah berbuat apa-apa. Jangan-jangan ketika orang lain dengan mudah menolak sebuah tugas, si InKONTRIBUSI lah yang setia menemanimu bahkan ditengah malam buta. Ketika orang lain dengan mudah menghadirkan alasan yang semua orang berada dalam kondisi tersebut (Ex. Kuliah,Ga da Motor,jauh rumah,dll)maka si InKONTRIBUSI lah yang menyambut panggilan dan melupakan bahwa diapun berpeluang menghadirkan alasan yang sama dgn yang lain.
 Tulisan ini bukanlah bentuk mengajari atau hendak mendiskreditkan pihak lain. Namun lebih kepada bentuk cerminan pribadi agar mampu menahan birahi dalam memberikan Labelisasi yang tak beralasan dan akhirnya hanya memposisikan diri sebagai PRIBADI berkarakter BUSUK. Dan mohon maaf jika setelah membaca ini anda menjadi pusing-pusing dan mual karena ketidakjelasan dalam pola penulisan.

0 Response to "Semua berKONTRIBUSI meski SECUIL"