Seorang guru tentu akan berhadapan dengan berbagai macam tingkah laku siswanya, ada yang baik, cerdas, bandel dan lain sebagainya, tidak mudah bagi guru menghadapi tingkah laku siswa, bahkan ada guru menggunakan berbagai cara/metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan tetap ada siswa yang tidak berubah, apa lagi menghadapi siswa yang bandel, malas dan bermasalah dari rumahnya (broken Home),dan tidak sedikit guru mengeluh mengahadapi siswa ini, maka pada kesempatan ini kami mencoba memberikan masukan bagaimana cara menghadapi siswa yang bandel, malas, dan bermasalah mari kita diskusikan....
pertama yang perlu kita lakukan adalah melihat latar belakang anak tersebut, apakah dia berasal dari keluarga yang bermasalah atau tidak, karena masalah keluarga sangat berpengaruh besar terhadap prilaku anak, banyak anak-anak stres terhadap kebiasaan yang terjadi dirumah, jadi kalau ada anak yang seperti ini seorang guru janagan suka memvonisnya sebagai siswa yang bandel, tapi perlu pendekatan, bisa jadi anak yang bandel, malas dan bermasalah tersebut hanya untuk mencari perhatian dan sensasi saja.
Yang kedua adalah seoarang guru harus bijak menyikapi siswa yang bermasalah, seorang guru yang baik adalah berusaha menjadikan anak didikan menjadi baik, memang tidak mudah mengahadapi siswa yang bermasalah, tapi tugas seorang guru bukan menghakimi siswa yang bermasalah, tapi mencari jalan/ solusi bagaimana cara merubah siswa yang bermasalah tersebut menjadi baik, minsalnya kita mengatakan kepada siswa tersebut kami sayang kepadamu nak, kamu adalah siswa yang hebat, kamu punya kemampuan, buktikan, atau dengan membrrikan kepercayaan kepadanya, minsalnya sebagai ketua, sekretaris kelas atau sebagainya. dengan kepercayaan yang kita berikan ia akan mengerti bahwa dirinya memiliki tugas yang diamanahkan kepadanya. jadi guru yang hebat adalah siap menghadapi prilaku siswa, dan siap merubahnya kearah yang lebih baik
Yang ketiga adalah bekerja sama dengan guru BK, dan libatkan orang tuanya, untuk menyelesaikan masalah ini, karena perubahan prilaku manusia tidak mungkin membutuhkan waktu yang sekejap, tapi butuh proses, dengan adanya bantuan Dari BK insya allh akan menemukan solusi yang terbaik.
tentu masalah ini harus bekerja sama dengan orang tua, karena perubahan siswa butuh perhatian orang tua bukan saja dari pihak sekolah.
Yang keempat adalah melibatkan teman-temannya yang ada disekolah, sistem yang keempat ini adalah teman nya berusaha memujinya dengan kata-kata bijak, bahkan kalau perlu untuk memujinya, bisa jadi dengan bantuan teman-temannya siswa tersebut akan berubah, sistem ini sangat bagus digunakan saat proses belajar mengajar, minsalnya guru memanggil siswa untuk mengerjakan soal latihan lalu menulisnya dipapan tulius, sesudah itu guru menyuruh kepada siswa untuk menujukan siapa yang maju selanjutnya dengan syarat siapa teman yang paling di sayangi, guru harus pinter memberikan kode bahwa itu sudah ada kerja sama agar siswa yang maju tersebut menunjuk siswa yang bermasalah, ketika siswa yang bermasalah tersebut ditunjuk dia terpaksa melakukan karena dia adalah teman kesayangan dari siswa yang tadi.
dan yang terakhir adalah cari kemampuan siswa tersebut, dan ikutkan dalam sebuah perlombaan, baik dalam perlombaan sekolah, maupun luar sekolah, biasanya siswa yang bermasalah sangat ahli dalam olahraga, dengan mengikuti perlombaan dia akan merasa arti dari tanggung jawab.
mungkin inilah tip-tip sederhana untuk merubah siswa yang bermasalah, dan perlu diketahui merubah siswa yang bermasalah tidak bisa dilakukan oleh guru yang biasa, tapi guru yang memiliki semangat untuk membangun bangsa. karena tidak semua guru itu peduli kepada anak didikan, merubah siswa bermasalah menjadi baik biasanya dilakukan oleh guru yang profesional, guru yang mengerti apa tugasnya yang sebenarnya..........................
0 Response to "cara merubah siswa yang bermasalah"
Posting Komentar