Cara Mendidik Anak menurut Islam

blogger templates
Buah Hati adalah harapan setiap insan yang sudah menikah, Ketika sudah menikah memiliki anak adalah harapan terbesar. bahkan orang tua dan mertua selalu meminta agar segera mengendong cucu dan lain sebagainya, namun bagi orang yang sudah memiliki anak tentu memiliki tanggung jawab yang besat, bukan hanya menafkahi secara pisik tapi juga rohaninya, menafkahi anak secara pisik saja tentu akan memiliki kecacatan dalam rohaninya, begitu juga sebaliknya.

pada kesempatan ini kami akan memberikan tips tips bagaimana cara mendidik anak menurut agama Islam, berikut tip tipnya:

1. Kenalkan Allah kepada Anak-anak
Mengenalkan Allah kepada anak-anak adalah tugas yang wajib bagi orang tua, mengenalkan Allah sebagai tuhan Pencipta semesta Alam ini. dengan mengenalkan Allah kepada anak anak tentu ia akan merasa bahwa dalam menjalani hidup ini mereka akan merasa bahwa hidup ada aturan sesuai dengan apa yang diperintah Allah, mereka akan senantiasa mengabdi kepada tuhannya, dan meminta tolong  kepada Allah, dan ia akan berusaha menjadi hamba yang Rabbani.

2. Menghormati Orang Tua

Mereka harus menghormati orang tua dalam keadaan apapun, salah satu syarat menjadi anak yang sholeh adalah taat kepada kedua orang tuanya, bagaimana mereka berbicara dengan orangtuanya, melakukan orang tuanya dengan mulia, tidak membentak kedua orangtua, dan selalu mendoakan orang tua agar selalu diberi nikmat dan diampuni oleh Allah SWT. 

3. Kenalkan Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah petunjuk bagi setiap manusia didunia ini, untuk keselematan manusia adalah harus berpegang teuh kepada Al-Qur'an agar selamat didunia dan Akhirat, Al-Qur'an harus ditanamkan kepada anak anak sedini mungkin agar mereka cinta kepada AlQur'an dengan membacanya, menghafalnya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena didalam Al-Qur'an sudah jelas bagai tata cara dalam menjalani hidup ini dengan cara yang benar.

4. Kenalkan Hidup Sosial kepada Anak.

Setiap manusia dalam hidup ini tentu membutuhkan orang lain, manusia tidak bisa hidup dengan sendirinya, kenalkan kepada anak anak bahwa dalm hidup ini harus membutuhkan orang lain dan bagaimana menghormati dan memuliakan orang lain, dan diajarkan agar dia tidak menjelekan orang lain. ini penting karena ketika ia dewasa ia tau bahwa tugas seorang muslim adalah menghormati dan memuliakan orang lain.

5. Ajarkan Mandiri

orang tua mana yang tidak mau anaknya mandiri, mulai dari bangun tidurnya hingga ia tidur kembali.
kemandirian penting bagi anak anak karena ia tidak akan berharap kepada orang tua dalam hal hal yang sepele, ia bisa melakukan dengan sendiri, minsalnya memakai baju sekolah, sepatu, sampai ia bisa membersihkan tempat tidurnya sendiri, bahkan ketika waktunya shalat ia dengan sadar melakukannya tanpa ada suruhan dari orang tuanya, kemandirian seperti ini perlu ditanamkan kepada anak-anak agar ia betul betul menjadi anak yang mandiri dan disiplin.

6. ajarkan pentingnya Ilmu

Mengenalkan ilmu kepada anak adalah hal yang penting, karena denga ilmu dia akan tau arah hidup nya yang sebenarnya. jangan pernah ajarkan kepada anak untuk kebahagian hidup dengan materi tapi ajarkan bahwa hidup adalah dengan ilmu. rezeki seorang sudah diatur oleh Allah, tapi Ilmu adalah sesuatu yang harus dicari dan diamalkan, jangan sampai anak anak kita menjadi manusia yang sedikit ilmu, tap berusaha mendidik anak dengan mengajarkan mencari ilmu sebanyak banyaknya. 

inilah cara mendidik anak, agar anak anak kita menjadi anak yang baik, baik di hadapan Allah dan baik dihadapan Manusia. Aminn

0 Response to "Cara Mendidik Anak menurut Islam"